Senin, 30 Mei 2011

DESAIN DAN PUBLISHING

Digital Desain adalah salah satu jenis komunikasi visual yang menyajikan informasi atau produk atau layanan melalui antarmuka digital. Secara sederhana desain grafis yang dibuat khusus untuk digunakan di komputer.

Dalam digital desain lebih dari sekadar melihat desain grafis di layar komputer. Saat ini dokumen apa pun dapat dipindai dan diunggah ke komputer tetapi dalam digital desain penggunaannya dibuat secara khusus untuk gawai dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti pengalaman pengguna, interaktivitas, perbedaan ukuran layar dan masih banyak lagi.

Perbedaan antara digital desain dan desain grafis

Desain grafis lebih untuk produk cetak dan desain digital untuk konten digital. Saat ini ranah cetak dan digital sering tumpang tindih. Banyak dari desain digital mengandalkan keterampilan dari buku buku desain grafis seperti brand implementation dan layout tipografi. Dalam pekerjaan desain grafis yang terjadi sebenarnya adalah mendistribusikan bentuk digital untuk dicetak, dan yang lebih membingungkan lagi “desain grafis” digunakan sebagai istilah yang mencakup semua pekerjaan komunikasi visual.

Pada akhirnya seorang desainer grafis diharapkan harus memiliki keterampilan dalam desainer grafis dan digital sekaligus tidak peduli akan spesialisasi mereka. Perbedaannya terletak pada media yang digunakan (cetak atau digital) di mana pemirsa paling sering menemukan produk desain tersebut. Digital design harus memperhitungkan interaksi pengguna sedangkan dalam desain grafis dibuat hanya untuk dampak visual.

Perbedaan antara Desain dan Development

Dalam digital desain memerlukan koding agar dapat berfungsi dengan baik dan desain grafis tradisional membutuhkan kertas dan tinta untuk dapat dicetak. Selain itu pekerjaan desain grafis membutuhkan proses terpisah untuk pencetakan dan distribusi, dalam digital desain  prosesnya terpisah untuk pengkodean yang disebut development.

Digital design membuat keputusan tentang arah visual dari produk dan apa yang mereka berikan kepada klien berupa mockup offline (baik melalui Photoshop atau menggunakan Figma). Kemudian tugas developer menggunakan bahasa pengkodean untuk mengubah mockup menjadi desain digital yang berfungsi, seperti situs web.

Sebagai desainer digital salah satunya adalah memberikan layanan development (terutama di front-end). Desain dan Development adalah disiplin ilmu yang berbeda yang tentu juga membutuhkan keahlian yang berbeda.

Jenis-jenis digital desain

Digital desain memiliki banyak kategori dari berbagai macam antarmuka digital, masing-masing memiliki kegunaan sendiri. Beberapa jenis digital desain seperti berikut :

Web Design

Desain web adalah salah satu wujud paling populer dari digital desain, situs web menjadi salah satu hal yang jamak dalam sebuah bisnis, jika boleh disandingkan website adalah sebuah logo. Situs web bertindak sebagai pusat dari topik atau layanan, menggabungkan beberapa bagian halaman dan digunakan sebagai informasi, bisnis dan perdagangan, hiburan dan lain lain.

Landing Page Design

Landing page adalah salah satu bagian dari desain website yang lebih fokus untuk tujuan pemasaran. Jika pada situs perusahaan memiliki tujuan sebagai pusat informasi dari keseluruhan perusahaan tersebut maka landing page adalah laman web tunggal yang dikhususkan untuk produk atau layanan tertentu dan biasanya bertujuan untuk ajakan. Seringkali perusahaan menggunakan landing page berbeda untuk setiap produk dan seorang desainer harus memastikan ada kohesi di antara semuanya.

App Design

App Desain sering kali menyerupai halaman dari website tetapi dirancang untuk menjalankan fungsi tertentu. Apakah fungsinya untuk berbelanja, penjadwalan, mengirim pesan, atau memutar musik, aplikasi sejatinya adalah tool digital. Meskipun umumnya diterapkan pada perangkat seluler aplikasi juga dapat berbasis desktop.

App Icon Design

Icon App adalah bentuk dari button aplikasi yang digunakan membuka suatu aplikasi. Icon App juga sebagai bentuk branding dari aplikasi tersebut. Icon App saling berhubungan dengan App Design, Icon App keberadaanya cukup penting dan berbeda dalam tujuan dan konstruksinya terhadap App Design nya. Memerlukan proses desain sendiri mirip dengan proses pembuatan logo.

Infographic Design

Infografis adalah informasi dari suatu subjek tertentu yang disajikan dengan susunan grafik yang menarik. Infografik bisa berbentuk cetak atau digital, versi digital memanfaatkan animasi dan motion graphics dengan mendeskripsikan cerita dengan informasi. Infografis digital menarik untuk membuat konten yang dapat dibagikan, yang menghibur dan memberi informasi kepada pembaca tentang merek atau topik yang terkait dengan merek.

Email Design

Email digunakan oleh perusahaan untuk membuat dan mengirimkan buletin dan marketing promotions, dan email design membuat branding yang saling berkaitan dalam komunikasi perusahaan layaknya seperti fungsi dari kop surat. Email design yang baik dapat meningkatkan retensi penerimanya secara visual.

Banner Ads

Banner ads adalah iklan dengan ukuran kecil yang ditampilkan di halaman web yang telah ditentukan dengan membeli ruang iklan tersebut. Banner ads berfungsi mirip seperti iklan baliho dan iklan cetak karena dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan produk dan penjualan produk, perbedaannya dalam banner ads lebih interaktif membawa pengguna yang mengkliknya ke halaman yang sudah diarahkan dengan informasi akan produk secara rinci.

Social Media Page Design

Ilustrasi di media sosial mencakup antara lain avatar, cover images dan konten yang diposting dari Twitter hingga blog dari perusahaan. Walaupun fotografi menjadi jenis ilustrasi di media sosial yang umum, desainer digital lebih sering menggunakan branding seperti logo sebagai ilustrasi di media sosial untuk perusahaan.

Ebooks

Ebooks singkatan dari Electronic Books. Suatu brands sering kali menggunakan ebooks untuk membagikan buklet yang dapat diunduh oleh pelanggan mereka. Seperti halnya pada versi yang dicetak, desain ebook mencakup sampul halaman dan pengaturan tulisan.

Powerpoint Template Design

Desain Powerpoint adalah template untuk branding yang digunakan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan presentasi termasuk sebagai laporan rencana perusahaan dan pembaruan secara internal dengan karyawan atau menyusun presentasi singkat untuk layanan mereka kepada pihak ketiga.

3D Design

Desain 3D adalah gambar tiga dimensi dengan bentuk realistis yang diolah di komputer. Meskipun dapat digunakan untuk industri hiburan (video game dan animasi), brand menggunakan desain 3D untuk membuat produk atau membuat mockup dari projek yang sudah direncanakan.

 

DESAIN IMAGE


 

1. Mengenali Jenis - Jenis gambar
2. Layout dan Desain Image (cross Platform)
3. Mengelola image hasil kerja online maupun offline
4. Mencetak dengan Presisi ke media

 

 

DESAIN VEKTOR

1. Mengenal jenis - jenis gambar
2. Layout dan desain vektor (cross Platform)
3. Mengelola image hasil kerja online maupun offline
4. Mencetak dengan presisi kemedia

 

 

 

MOVIE EDITOR

 
 

1. Mengenal jenis-jenis film
2. Layout dan edit movie  (cross Platform)
3. Mengelola film hasil edit secara online maupun offline
4. Merekam film ke media optical

109 komputer Education

Author & Editor

Bismillah, mengamalkan ilmu dan hikmah insyaallah manfaat dan maslahat