Senin, 30 Mei 2011

Komputer dan Jaringan


 

Teknik Komputer Jaringan atau yang biasa disingkat TKJ adalah pelatihan yang mempelajari tentang cara merakit komputer, jaringan dasar, dan komponen hardware yang ada di dalam komputer. Selain itu, kamu juga akan belajar cara menginstal operating system (OS), menangani masalah yang berkaitan dengan personal computer (PC), membuat jaringan Local Area Network (LAN), merancang website, dan masih banyak lagi.

Kemudian, kamu juga dipersiapkan untuk mampu melakukan instalasi jaringan komputer, baik jaringan komputer di dalam rumah, kantor, antar kantor, antar kota, maupun antar negara. setiap perusahaan membutuhkan jaringan komputer ya. Biasanya, perusahaan menggunakan jaringan komputer berjenis LAN yang berfungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Makanya, sebagai orang yang mempelajari LAN, kamu akan banyak dibutuhkan perusahaan.

Di dalam pelatihan komputer dan jaringan, kamu akan belajar mengenai materi-materi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Berikut adalah beberapa mata pelajaran yang akan kamu temui di jurusan ini:

1. Komputer dan Jaringan Dasar

kamu akan mulai mengenal komputer dan jaringan dasar, mulai dari pengenalan hardware atau perangkat keras komputer, perkembangan jaringan, dan bagian-bagian yang berhubungan dengan performa komputer.

2. Pemrograman Dasar

kamu akan belajar tentang coding. Coding sendiri merupakan kode yang berfungsi sebagai perantara komputer dengan penggunanya. Melalui coding, komputer dalam mengetahui apa yang harus dilakukan. Dengan kemampuan coding, kamu bisa menciptakan aplikasi dan situs web, serta mengolah data.

3. Administrasi Infrastruktur Jaringan

Pada pelajaran ini, kamu dibimbing untuk dapat mengenali jenis-jenis konfigurasi jaringan, seperti cisco dan mikrotik. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai konfigurasi server.

4. Teknologi Jaringan Berbasis Luas

pastinya kamu dituntut untuk bisa mengidentifikasi kerusakan komputer serta cara memperbaikinya. Makanya, kamu wajib banget memahami materi pelajaran yang satu ini. Selain itu, di dalam pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas, kamu juga akan belajar tentang pembuatan jaringan, seperti LAN, Wide Area Network (WAN), dan internet.

5. Simulasi dan Komunikasi Digital

Dengan belajar Simulasi dan Komunikasi Digital, kamu akan memiliki gambaran mengenai peran dan manfaat teknologi, sehingga kamu dapat menggunakannya dengan efektif dan efisien. Beberapa materi yang akan kamu temui di pelajaran ini adalah logika dan algoritma komputer, mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka, komunikasi dalam jaringan, dan sebagainya.

6. Desain Grafis

Pada pelajaran Desain Grafis, kamu akan belajar tentang fotografi, tipografi, dan ilustrasi. Selain itu, dalam pelajaran desain grafis, kamu juga dituntut untuk memahami fungsi dan unsur warna, prinsip-prinsip tata letak, penerapan software pengolah gambar vektor, dan masih banyak lagi.

7. Teknologi Layanan Jaringan

Melalui pelajaran ini, kamu dapat memahami cara merancang dan membangun layanan jaringan. Nggak cuma itu, kamu juga akan belajar cara membangun layanan jaringan yang bisa digunakan untuk berbagai perangkat.

 


 

109 komputer Education

Author & Editor

Bismillah, mengamalkan ilmu dan hikmah insyaallah manfaat dan maslahat